SERBA SERBI

Kamis, 02 Agustus 2012

AKREDITASI DAN VISITASI MTs PPMI ASSALAAM SUKOHARJO


Assalaam. Agenda 5 tahunan yang menentukan kualitas suatu sekolah telah dijalani oleh MTs PPMI Assalaam Sukoharjo yaitu akreditasi dan visitasi, hari Senin-Selasa, 30-31 Juli lalu. Tim assesor dari Provinsi yang mengakreditasi dan memvisitasi yaitu Dra. Umi Nurjani dan Nurul Huda, M.Ag., sedangkan tim dari MTs PPMI Assalaam (perwakilan) yang siap untuk diakreditasi yaitu Kepala Mardrasah Sigit Rahardja, S.Si., Waka Kurikulum Edi Suprapto, S.Ag. yang dibantu 17 anggota dari staf tata usaha dan guru.
Sebanyak 8 standar yang menjadi bahan untuk diakreditasi yakni: 1) Standar Isi, 2) Standar Proses, 3) Standar Kompetensi Lulusan, 4) Standar Pendidik dan Tenaga Didik, 5) Standar Sarana dan Prasarana, 6) Standar Pengelolaan, 7) Standar Pembiayaan, dan 8) Standar Penilaian Pendidikan.
Agenda akreditasi dan visitasi dibuka oleh Mudir Ma’had PPMI Assalaam yaitu, Drs. Ma’ruf Rohmad, Mudir memberi pernyataan bahwa semoga agenda akreditasi yang akan dijalani dapat meningkatkan kualitas MTs PPMI Assalaam pada seluruh aspek.
Pada hari pertama, Senin 30 Juli, tim assesor memvisitasi sarana dan prasarana, kemudian dilanjutkan penilaian dokumen. Hari kedua, Selasa 31 Juli 2012, tim assesor melakukan peninjauan kelas dan proses KBM (yang ditinjau proses KBM mapel TIK dan Bahasa Inggris), kemudian dilanjutkan penilaian administrasi.
Seluruh agenda akreditasi dan visitasi selesai pada hari Selasa, pukul 13.30 WIB. Sebagai closing agenda tersebut, Kepala MTs PPMI mengundang seluruh guru/asatidz/h untuk mendengarkan secara langsung hasil dan pesan serta kesan dari tim assesor yang dipandu oleh Waka Kurikulum, Edi Suprapto, S.Ag.. Dari pertemuan closing tersebut, tim assesor memberikan arahan dan saran agar para tenaga pendidikan dan tenaga teknis pendidikan di MTs PPMI ke depannya menjadi lebih baik lagi dalam mengemban tugasnya. Salah satu assesor  Dra. Umi Nurjani menyatakan, “ Di dunia ini tidak ada yang sempurna, kesempurnaan itu bisa didapat setelah ada refleksi diri”.
Adapun hasil akreditasi dan visitasi menunggu keputusan dari Badan Akreditasi Nasional, Dirjen, Dikdasmen. Apapun hasilnya kami (MTs PPMI Assalaam) berharap mendapat hasil yang terbaik. Aamiin. -(okta)-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar